Ikan Bakar Gili Labak

Wisata Gili Labak

"Gak Peduli berapa Uangmu, Kamu ndak bisa milih menu ikan disini. Sedapatnya nelayan disini itulah yang kita makan. Pas dapat Ikan Tengiri, Kenyang kenyang dah makan.... pas ikan Kakap atau Baracuda ya Goood lah, atau sedikit apes dapatnya ikan Kembung atau Semacam Tongkol Kecil ya Alhamdulillah. Semua Harganya Sama”

Berkunjung ke Gili Labak jangan cuman pingin Snorklingnya aja bro. Banyak hal istimewa yang bisa kamu dapatkan dari kesederhanaan penduduk lokal Gili Labak. Kali ini saya ajak kalian kenalan sama Mak Tunah, wanita dibalik Ikan Asap ala Gili Labak yang dipakai menjamu pengunjung Gili Labak
menu makan gili labak
Emak Tunah Gili Labak
Namanya Mak Tunah, penduduk asli Gili Labak, sudah puluhan tahun tinggal di pulau kecil ini. Bersama Abah, sang Suami yang bekerja sebagai Nelayan. Di Gili Labak semua berprofesi sebagai nelayan dan sang istri sebagai Ibu rumah tangga. Penduduk di Gili labak hanya sekitar 20 – 30 KK saja.  Sehari hari Mak tunah dan abah hanya mengelola warung makan. Saya sendiri heran untuk apa warung itu, gimana ndak lha hampir setiap rumah buka warung. Trus siapa yang ngopi atau makan disitu?? Hahaha. Ternyata memang mereka menyiapkan kalau saja ada pengunjung yang mau wisata ke Gili Labak. Soal harga, jangan khawatir explorer. Mereka nggak mata duitan kok. Mentang mentang jauh dari daratan utama trus harga serba dimahalin. Hampir sama dengan di daratan utama sih paling selisih 2000 perak aja. Sekarang hampir semua paket wisata Gili Labak biasanya menawarkan paket Ikan Bakar Gili Labak di setiap tripnya.

Dugaanku Umur si Emak Tunah 65 tahun, karena ketika kutanya beliau hanya menjawab 60 lupa sambil ketawa melihatkan giginya yang sudah ndak lengkap lagi. Kali ini si Emak sibuk bikin Ikan Asap untuk para tamuku dari Taiwan yang minta menu Ikan bakar dan Kelapa muda. Semua menu disini Ikan Bakar/Asap ya. Kalau mau sedikit modern ya Mie Instan atau Pop Mie. Di Gili Labak yang hanya terdiri atas 1 Rukun Tetangga saja dan  tidak ada listrik yang masuk. Tetapi saya kemarin melihat ada yang sudah menggunakan Solar Cell untuk penerangan disalah satu warung. Yeah malam hari tak begitu gelap lagi. Hampir semua pesanan makan dari para tamu yang berwisata ke gili labak dikelola oleh para ibu ibu penduduk gili labak.   

Pagi ini emak senang karena warungnya kebagian pesanan makan siang 3 rombongan. Sekali lagi jangan tanya menu apa ya? Jawabnya sudah pasti Ikan asap. Bukan Ikan bakar layaknya di restoran IBC atau yg lain, disini ikan segar diambil jeroannya terus diasap saja. Emak pakai sabut kelapa yang sudah habis air kelapa dan dagingnya. Butuh kesabaran ekstra untuk memasak ikan dengan pola diasap. Tapi menurut studi Ikan Asap meminimalkan karbon arang akibat pembakaran yang berlebihan pada daging dan kulit ikan dan tidak cukup sehat untuk tubuh. Dengan cara diasap protein lebih awet dan tidak berkurang, tentunya lebih sehat.

cara tradisional ikan bakar gili labak
cara tradisional ikan asap


Pada saat wisata gili labak pastikan tiga agenda ini kamu dapatkan sobat explorer. Yang pertama kesempatan untuk explore habis pulau gili labak, Cuma butuh waktu sekitar 40 menit buat kalian untuk keliling pulau ini. Yang kedua Snorkling tentu, ragam ikan kecil baik ikan zebra, nemo, dan lain lain wajib kalian lakukan. Beberapa kali saya bawa tamu yang hanya menikmati pantai saja tanpa mau ikutan nyebur ke lautnya. Yang ketiga apalagi kalo bukan icip icip ikan bakar ala emak tunah ini. jangan kaget soal harga menu ini, walaupun ikan fresh, tapi harga seporsi ikan bakar begini berkisar 15 sampai 20 ribu.
ikan bakar ala gili labak
makan siang gili labak
Pada trip kali ini, agenda makan siang dilakukan selepas snorkling di gili labak. Selesai snorkling coba rasakan menu ikan bakar/asap ini dengan minum buah kelapa muda. Menu penutup acara open trip begini lazim di lakukan para penggiat wisata di gili labak.

Info dan Tips ke GILI LABAK

  • Waktu terbaik menyebrang ke Gili Labak adalah pagi hari (subuh) atau sore hari (jika menginap)
  • Di Gili Labak juga sudah tersedia Guest House, Jika berencana untuk camping bertenda cukup banyak spot yang bisa dipakai.
  • spot terbaik adalah sunset dan sunrise.
  • Usahakan bepergian ke Gili Labak secara berkelompok minimal 10 orang, agar bisa sewa private boat. Jika kurang dari 10 biasanya dilakukan sharing cost dengan wisatawan lain. Dan aturan pergi pulang jadwalnya mengikuti rombongan terbanyak.
  • Tidak ada perahu reguler, otomatis harus sewa perahu. Jangan khawatir cukup banyak pilihan perahu kok termasuk perahu nelayan
  • Karena sistem sewa, maka perahu yang mengantar otomatis juga menunggu sampai anda pulang balik ke ke Pelabuhan Kalianget.
  • Biaya makan cukup murah bisa juga beli makan di Gili Labak rata rata 10 – 15 ribu per porsi.
  • Pastikan perlengkapan keselamatan dalam perahu, Life JAcket wajib ada 1 orang 1 pelampung.
  • Pastikan kamera dan baterei kondisi maksimal, karena tidak ada listrik di sini.
  • Sunblock mungkin diperlukan, jadi siapkan saja. tidak minimarket di sini :D
  • Kalau ingin menginap jangan lupa bawa air mineral juga, air di toilet umum agak payau.
  • Minumlah obat anti mabok jika diperlukan, 2 jam melawan ombak cukup membuat anda muntah muntah.
  • Bawa pulang sampah anda kembali ke Kalianget, jangan ditinggal di Gili Labak.

Demikian sharing saya tentang menu otentik di gili labak yang wajib kalian coba saat berkunjung ke gili labak sumenep madura. sampai hari ini saya belum pernah posting tentang pantai sembilan gili genting sumenep madura.

Jika anda berminat untuk merencanakan tour trip ke Madura, Bromo, ataupun Banyuwangi silakan klik www.exploretrip.id bisa juga email di info@exploretrip.id atau klik bit.ly/join-explore-trip atau juga fast respond 081-334-371-592

jika selama hidupmu kamu hanya melihat apa yang tampak dihadapanmu, sesungguhnya kamu telat melewatkan banyak hal (pete's dragon 2016)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

EXPLOREGRAM INDONESIA

@exploretrip.id